RUMAH Nanbija

Membuat, merawat rumah sehat.

REUSE SAMPAH PLASTIK & KERTAS

leave a comment »

potTembok

Tanaman di pot botol air mineral bekas. Cantik kan? 

Sampah menumpuk mau diapakan ? Dibuang ?  Suka diminta duit ekstra oleh tukang sampah RT, karena pemda mengeluarkan biaya tak kecil untuk  menyewa lahan TPA. Yuk, kita kurangi  sampah yang keluar dari rumah kita. Caranya ?

Gunakan plastik bekas belanjaan untuk melapisi keranjang sampah. Kan sering sisa kuah di piring habis makan atau hidangan merembesi keranjang sampah kan ? Apalagi kalau sudah retak. Ihh.. bikin kotor lantainya !

Plastik bekas juga bisa dipakai membungkus sepatu yang kita bawa di tas/ koper, atau mengamankan sepatu yang disimpan di pojok ruangan, agar tak jadi sarang laba-laba.

Sampah kertas bekas dikumpulkan lalu dijepit rapi. Gunakan baliknya yang masih kosong untuk notes. Bisa ditaruh di dekat telpon, buat mencatat pesan atau nomor telpon dadakan. Kalau saya, buat nyatet daftar belanja sebelum ke pasar. Supaya gak kelamaan di pasar lalu tahu-tahu anggaran belanja membengkak, terbuai rayuan pedagang. Ihh.. jangan sampai terulang.

Koran, majalah dan kain bekas bisa dipakai alas tidur kucing kesayangan, atau alas tetesan cat agar tak membekas di lantai saat kita merenovasi kamar.

Botol plastik, kardus bekas dan wadah es krim bisa dipakai untuk polibag, tempat tumbuh tanaman baru untuk menyemarakkan halaman rumah anda. Ada penghijauan, ada oksigen. Hmm.. segar.!

Kita jaga alam. Alam jaga kita.

potbotol

Iklan

Written by Nanbija

23/09/2018 at 11:38

Ditulis dalam creative writing

TARI TOPENG BETAWI

leave a comment »

IMG_20180903_113339_686

Tari Topeng Betawi- by vitrisa2017@gmail.com

Tari Topeng Betawi dari Jakarta yang terkenal dengan kesenian ondel-ondel. Tari adat Betawi yang menggunakan topeng sebagai ciri khasnya ini memadukan seni tari, musik dan nyanyian bak pertunjukan teater atau opera. Teatrikal dan komunikatif lewat gerakan.

Semula, tari ini di pentaskan secarakeliling oleh para seniman yang diundang mengisi acara hiburan dalam pesta pernikahan, khitanan, dan acara adat.

Lantunan lagu diiringi tabuhan ritmik rebab, gendang besar, kempul, kromong tiga, kecrek, kulanter dan gong buyung menemani para penari topeng pria ( mengenakan pakaian hitam, kaos oblong, celana panjang, kain sarung, peci atau ikat kepala ) dan penari wanita ( mengenakan kain panjang, pakaian kebaya, selendang, mahkota warna warni atau kembang topeng ) menarikan kisah hidup masyarakat Betawi, kritik sosial, cerita legenda, dan cerita2 klasik lainnya, sesuai kostum yang mereka kenakan.

Uniknya, topeng kayu yang menempel di wajah, tidak diikat dengan tali ke kepala, namun digigit bagian dalam topengnya oleh para penari. Gigi harus sehat dan kuat untuk menahan topeng tidak jatuh selama gerak energik mereka. Luar biasa. Gendes ( luwes/lemah gemulai ), ceria dan  lincah.

Tari Topeng Betawi terus berkembang melahirkan variasi2 baru seperti tari Lipet Gandes, tari Topeng Tunggal, tari Enjot-enjotan, tari Gegot, tari Topeng Cantik, tari Topeng Putri, tari Topeng Ekspresi, dan tari Kang Aji. Mana yang sudah anda tonton ?

Written by Nanbija

05/09/2018 at 10:32

Ditulis dalam creative writing

HOT DADDY, CINTA HANGAT ORTU.

leave a comment »

IMG_20180821_033254Narasi karya :
Anak adalah pemilik masa depan. Pendidikan menjadi modal penting meraih sukses. Namun, banyak anak tak seberuntung itu. Di China, anak SD harus memanjat tebing untuk bisa mencapai sekolah yang sangat jauh dari rumahnya. Di Columbia, anak SD harus menggelantung di seutas tali dengan sungai deras di bawahnya untuk bisa menyeberang dan meneruskan perjalanannya ke sekolah. Di Himalaya, anak SD harus memanjat dan memutari gunung tertinggi di dunia nan dingin dan bersalju itu untuk bisa sekolah yang berada nun jauh di balik gunung. Banyak anak terjatuh tewas di dasar jurang karena keletihan.

Di Lombok, anak2 SD kehilangan rumah dan sekolahnya karena ambruk diguncang gempa 7 SR sejak 10 hari lalu, dan terpaksa tidur di tenda2 pengungsian, menunggu sekolah darurat dibangun untuk meneruskan belajar agar tak tertinggal dari teman2nya di daerah lain. Di, Palestina, anak2 SD harus kucing2an dengan tentara Israel bersenjata lengkap untuk bisa mencapai sekolahnya yang terlintasi jalur patroli pasukan zionis yang membelah Tepi Barat dan Gaza. Tak terhitung anak yang sudah tewas sejak perampasan tanah Palestina oleh zionis Israel tahun 1947 ( 71 tahun ). Di Yaman, seorang bocah menangis menunggu ayahnya bangun setelah hadir di pesta pernikahan dan pesawat Saudi membombardir  wilayah tsb dan menewaskannya.

Kita hentikan kebencian para pengusung politik tak beradab di sini ya, agar bisa segera menghentikan kekejaman politik identitas di Timur Tengah,. Agar anak2 di Palestina dan seluruh dunia bisa sekolah dan meraih masa depannya yang cerah. Dan merasakan kehangatan cinta dari ayah ibunya. Lalu menebarkannya ke seluruh dunia dan generasi berikutnya. Piece.. ( Lukisan “Hot Daddy”- by Vitrisa ).

Written by Nanbija

23/08/2018 at 04:32

Ditulis dalam creative writing

TAUFIK HIDAYAT, PEBULUTANGKIS DUNIA ASAL JAWA BARAT

leave a comment »

IMG_20180812_132724_542

Lukisan “Taufik Hidayat”- by vitrisa2017@gmail.com.Narasi karya :

Pawai obor Asian Games ke-18  ( acara pembukaan 18-8-2018 di Gelora Bung Karno ) yang melewati kota Bandung ( Pasteur – Gedung Sate ) pada 12 Agustus kemarin dibawa oleh beberapa atlet berprestasi ( dihadiri 13 ribu warga Bandung  ), diantaranya Taufik Hidayat. Siapa sih Taufik ?

Taufik Hidayat, atlet bulutangkis tunggal putra kelahiran  Bandung, Jawa Barat, 10 Agustus 1981 mulanya  bermain di klub SGS Elektrik Bandung. Putra pasangan Aris Haris dan Enok Dartilah ini meraih medali emas untuk Indonesia pada  Olimpiade Athena 2004. Wah, keren..

Pada 21 Agustus 2005, Taufik menjadi juara dunia setelah mengalahkan pemain peringkat 1 dunia, Lin Dan di babak final, sehingga menjadi pemain tunggal putra pertama yang memegang gelar Kejuaraan Dunia BWF dan Olimpiade berturut-turut. Selain itu, Taufik memegang gelar juara tunggal putra Asian Games 2002 di Busan dan 2006 di Doha dan enam kali menjuarai Indonesia Terbuka. Wah, komplit ya..

Setelah mundur dari Pelatnas Cipayung pada 30 Januari 2009, pria setinggi 176 cm ini menjadi pemain profesional. Pada November 2012, suami Ami Gumelar ( melahirkan putri dan putra Taufik ) ini membangun pusat pelatihan bulu tangkis  Taufik Hidayat Arena (THA) di Ciracas, Jakarta Timur. Taufik membintangi iklan Yonex dalam pengadaan alat bulu tangkis.

Kehebatan Taufik diantaranya, pukulan smash tercepat ( 305 km/jam ) pada Kejuaraan Dunia 2006 di Madrid, pukulan backhand smash terbaik ( 206 km/jam ), pukulan drop shot dan permainan netnya juga top. Taufik menggantung raket tahun 2013, pensiun dari dunia bulutangkis yang membesarkan namanya di usia 32 tahun, setelah menjadi juara olimpiade di usia 23 tahun dan juara dunia di usia 24 tahun. Semoga kepiawaian Taufik menangkis bulu bisa menginspirasi generasi atlet berikutnya.

Written by Nanbija

17/08/2018 at 05:01

Ditulis dalam creative writing

CHRISTIANO RONALDO or CR7

leave a comment »

IMG_20180729_040614_349

Lukisan Ronaldo – by vitrisa2017@gmail.com

Narasi karya :

Cakep, cakap, ngetop dan mahal. Itu dia Christiano Ronaldo, pesohor sepakbola yang pada 11 Juli 2018 pindah ke klub Italia, Juventus dan memecahkan rekor transfer Rp 1,88 triliun !  ( 112 juta Euro atau 99,2 Poundsterling )

CR7 bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro  lahir 5 Februari 1985 di Funchal, Madeira, Portugal. Berorang tua Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro, serta berkakak 3 orang. Pada usia 14 tahun, Ronaldo setuju dengan ibunya untuk fokus main bola.

Usia 18 tahun Ronaldo bersama klub Sporting Lisboa bisa mengalahkan tim besar Manchester United, yang lalu membelinya dengan nilai transfer. Pelatih MU,  Sir Alex Ferguson memberinya nomor punggung 7 yang menjadi tradisi pemain besar di klub bergengsi tsb. Pria bertinggi 187 cm ini bermain bola dengan posisi Sayap kiri, Sayap kanan atau Penyerang tengah. Ronaldo bermain 196 kali dan mencetak 84 gol.

CR7 lalu kembali ke negerinya, bergabung dengan klub Real Madrid ( dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,3 Triliun )  dan menjadi kapten timnas Portugal. Ronaldo membawa Real           Madrid menjuarai UCL 2016. Karena kebriliannya bermain bola, Christian mendapat  gelar FIFA Ballon D’Or ( 2008, 2013, 2015 ) di markas FIFA Zurich, Swiss.

Setelah Piala Dunia 2018 di Rusia kemarin, Juventus membeli Ronaldo meski harus menguras isi kas klub legendaris Italia tsb. Transfer Ronaldo bisa mengubah Liga Italia Serie A dalam kualitas, emosi dan eksposur. Transfer komplit yang melibatkan sepakbola, pemasaran dan merchandising. Kini para penggemar bola melihat Serie A karena Ronaldo, EPL karena liga terbaik dan La Liga karena Lionel Messi.

CR7 punya anak dari  model cantik Rusia. Kebiasaan Ronaldo sebelum bertanding adalah mencukur rapi rambutnya ( ngalahin cewek dandannya ya ). Maklum sorotan kamera dan perhatian publik bola tertuju padanya. Ronaldo ingin terlihat selalu keren untuk mereka. Iya deh..

Written by Nanbija

06/08/2018 at 05:31

Ditulis dalam creative writing

HIPERTENSI : PEMBUNUH DALAM KEMARAHAN

leave a comment »

images

Mengukur tekanan darah.

Nenek wafat karena hipertensi. Ibu didiagnosis mengidap hipertensi. Apa saya terkena hipertensi juga?
Bagaimana cara merawat penderita agar terhindar dari serangan mematikan? Pertanyaan ini terus berkecamuk di benak. Beruntung ada brosur “Hipertensi” di Puskesmas dari Dinas Kesehatan Kota Bandung ( Jl.Supratman no.73.Telp. (022) 4203752). Pertanyaan saya, mungkin anda juga, bisa terjawab.

Apa sih hipertensi itu?  Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit meingkatnya tekanan pada dinding pembuluh tempat darah mengalir. Tekanan darah ditulis dengan dua angka, optimalnya 120/ 80 mmHg. 120 adalah sistolik, yaitu tekanan darah waktu jantung menguncup/ kontraksi. 80 adalah diastolik, yaitu angka terendah saat jantung mengembang/ rileks. Kekuatan kuncup jantung mendesak darah di bilik kiri jantung ke pembuluh nadi. Tekanan dalam pembuluh nadi saat dialiri darah itulah yang disebut tekanan darah. Orang disebut terkena hipertensi jika sistoliknya lebih dari 140 dan diastoliknya lebih dari 90. Tekanan darah saya 105/ 65 mmHg. Artinya, saya terbebas dari hipertensi, dong! ( tapi terkena tekanan darah rendah, hehe..).

Dari data statistik, umur penderita tekanan darah rendah sama dengan yang normal. Artinya, resiko kena stroke-nya juga rendah. Alhamdulillah.
Tekanan darah bervariasi dalam 24 jam, tergantung aktivitas fisik, emosi dan hormon. Penyebab hipertensi esensial tak diketahui. Penyebab hipertensi sekunder ( sekitar 10% populasi) adalah penyakit ginjal, kelainan hormon dan pembuluh darah. Sebagian besar penyakit hipertensi tak memperlihatkan gejala. Sebagian kecil gejalanya: sakit di belakang kepala, leher kaku, mudah tersinggung dan sulit tidur.

Hipertensi yang tak dikontrol bisa menyebabkan: kerusakan ginjal, pembuluh darah, stroke/ pendarahan otak, lumpuh, payah/ pembesaran jantung dan serangan jantung/ penyempitan pembuluh darah koroner.

Perawatan hipertensi terbaik dengan cara: memeriksa tekanan darah minimal 6 bulan sekali atau setiap ke fasilitas kesehatan. Rajin minum obat meski tanpa keluhan. Mengurangi konsumsi garam. Perbanyak makan sayur dan buah. Mematuhi nasehat dokter.
Mencegah hipertensi dengan cara: periksa tekanan darah secara teratur. Menjaga berat ideal. Berat ideal diperoleh dari tinggi badan dikurangi 100 + 10% berat tsb. Tinggi saya 155 cm – ( 100 + 5,5) = 49,5 kg. Berat badan saya sekarang 52 kg. Keberatan 2,5 kg. Mesti diet, nih…

Kurangi makan garam, jangan merokok, teratur olahraga, hidup teratur, kurangi stress, jangan terburu-buru, hindari makanan berlemak. Wah, padahal saya sangat suka makan gorengan. Ingin sehat sampai tua, harus ada yang disesuaikan. Iya, deh..

Written by Nanbija

20/07/2018 at 03:12

Ditulis dalam creative writing

TARI LILIN, Mencari Cincin.

leave a comment »

img_20180715_183928-1197538020.jpg

Lukisan Tari Lilin – by vitrisa2017@gmail.com

Narasi TARI LILIN :

Tari lilin, sejenis kesenian istana dari Sumatera. Mengisahkan upaya seorang gadis mencari cincin pertunangannya yang hilang selama ditinggalkan kekasihnya merantau untuk berdagang. Karena waktu itu belum ada lampu LED, maka sang gadis melakukan pencariannya dengan lilin di piring kecil. Selama mencari di kegelapan hingga larut malam, tubuhnya meliuk, membungkuk, menengadah ( berdoa ) dengan lilin yang diupayakan tak padam, juga tak jatuh dari tangannya, melahirkan keindahan tersendiri.

Jika sekelompok gadis yang menarikannya dengan kompak diiringi alunan musik para musisi, tentu lebih seru sebagai suguhan budaya. Jika sekelompok pria yang melakukannya, tentu lebih menyenangkan lagi. Era wanita jadi menteri dan presiden sekarang ini, bisa jadi para pria yang berdebar kehilangan wanitanya. Ya, kan ?

Written by Nanbija

18/07/2018 at 04:29

Ditulis dalam creative writing