Cinta Keluarga

piece of mind, harmony couple, happy family

Nugget tiren dan otak2 busuk di pasar dan sekolah dasar

leave a comment »

Mencengangkan. Penganan kegemaran anak2 ini ternyata ada yang membuatnya dari ayam tiren/ bangkai ayam dan ikan busuk. Untuk menyamarkan bau busuk, oknum penjual menggunakan formalin. Ada yang menggantinya dengan natrium benzoat melebihi ambang batas ( mestinya 1000 tapi ternyata 2.250 mg ).

chicken nuggets

chicken nuggets

Tidak itu saja, adonannya pun menggunakan tepung kadaluwarsa. Teganya ! Dosanya 4 kali lipat, ayam/ikan busuk, formalin, tepung kadaluarsa dan membohongi konsumen ( di bungkusnya diberi cap halal, padahal dari bangkai yang haram dimakan ).

Namun begitu, si oknum mesem2 saja karena meraih keuntungan 600 ribu rupiah sekali produksi. Tiap bungkus yang berisi 12 buah, dijual Rp.3000,- di pasar dan sekolah2. Padahal penganan yang dijualnya itu merusak hati, paru2 ( organ tubuh ) pelanggannya.

Ketika ditanya, apa si oknum memakan nugget dan otak2 buatannya ? Ia menggeleng, karena tahu penganan itu beracun. Lalu kenapa dijual ? Karena ingin untung besar, katanya, enteng. Lalu diadakan tes pada kucing. Nugget itu dihindarinya, ia tahu baunya tidak alami. Nugget di piring lain yang asli dari bahan yang sehat, si meong langsung melahapnya. Bagaimana kita, yang manusia, bisa membedakannya ? Lihat dari warnanya. Nugget tiren berwarna lebih pekat, jika dipatahkan terasa kenyal.

Aduh, kasihan anak2 dan konsumen Indonesia. Dikibuli terus. Setelah ada tahu-mie-bakso formalin, susu melanin, jamu beracun, dendeng sapi dicampur babi, sekarang ada nugget tiren dan otak2 busuk. What’s next ? ( sy stlh nonton “Reportase Investigasi” di Trans TV, 18/4/2009 )

Anak sekolah sedang jajan

Anak sekolah sedang jajan

Written by Nanin Topi

21/04/2009 pada 09:56

Ditulis dalam resep sehat

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: