Cinta Keluarga

piece of mind, harmony couple, happy family

Agar disayang suami

leave a comment »

Sebagai istri, kita hendaklah mencoba semaksimal mungkin mengetahui hal2 tsb, agar rumah tangga kita bahagia dan diberkahi Allah Swt.

1. Ketaatan dalam beragama.

Istri sholehah akan banyak mendatangkan kebaikan pada suaminya. Sebaliknya, wanita yang lemah agamanya, akan mendatangkan keburukan dalam rumah tangganya. Nama suaminya akan tercemar, pikiran suami mudah dihantui rasa curiga dan cemburu. Terlebih bila sang istri berwajah cantik dan pergaulannya luas, suami jadi serba salah. Jika dimarahi, akan hilang kebahagiaan hidupnya, jika tidak dimarahi ia akan menanggung dosa istri.

Dalam suatu hadis, Rasulullah Saw. bersabda : “Maukah kamu aku beritahu hal terbaik yang dimiliki dan perlu disimpan oleh seorang lelaki ? Yaitu istri yang sholehah. Jika suami melihat kepadanya, dia akan gembira, jika suaminya menyuruh sesuatu dia akan taati, dan jika suaminya tak ada di rumah, dia akan menjaga harta suaminya dan memelihara kehormatan dirinya.” ( Hadis riwayat Ibnu Majah )

2. Bijak mengurus rumah tangga

Seorang suami amat menyukai istri yang pandai mengendalikan rumah tangga dan mengurus anak2. Meski sekilas tugas ini terkesan remeh, tapi sebenarnya inilah yang menjamin keharmonisan dalam rumah tangga. Seorang istri harus menyelesaikan tugas2 rumah tangganya sebisa mungkin. Selain waktu bekerja di luar rumah, hendaklah ia memanfaatkan waktu yang ada untuk mengurusi keperluan rumah tangga.

3. Kecantikan wajah

Seorang suami amat suka bila istrinya cantik. Lelaki tidak akan merasa senang bila istrinya berparas tidak menarik hatinya. Islam tidak melarang lelaki mencari istri cantik. Islam hanya melarang bila yang dicari semata-mata kecantikannya dan meremehkan hal2 lainnya. Tak disangkal, kecantikan seorang istri mendorong timbulnya kemesraan suami istri. Karenanya, diperintahkan pada calon suami atau istri agar saling melihat dulu sebelum pernikahan dilangsungkan.

Namun yang terpenting adalah sikap istri yang menjaga penampilannya di hadapan suami. Jika berwajah kotor, ruwet, rambut dan pakaian tidak terurus, keadaan ini tentu tidak menyenangkan mata suami. Sebaliknya, jika istri selalu berhias, hati suami akan terhibur. Istri menjadi penawar bagi suaminya yang letih sehingga bertambah kasih sayang di antara keduanya.

4. Melayani suami

Kemesraan suami istri tiang kokoh perkawinan setelah agama.

Kemesraan suami istri tiang kokoh perkawinan setelah agama.

Hubungan seks merupakan penawar kebahagiaan rumah tangga. Seks dipandang sebagai kunci keharmonisan rumah tangga. Oleh sebab itu istri hendaklah memberi layanan yang baik pada suami, jangan menolak ajakan suami. Kecuali sedang haid atau sakit. Ini merupakan tugas utama seorang istri, sedangkan tugas2 lain merupakan tugas kedua. Namun demikian, rumah tangga mesti tetap terurus, agar suami tidak hilang mood dan semangatnya. Untuk itu, seorang istri mesti bijak memainkan perannya dan cerdik menyiasati waktu yang ada.

5. Memotivasi cita2 suami

Seorang suami biasanya menginginkan seorang istri yang dapat menjadi teman berunding dan sahabat dalam menyelesaikan berbagai masalah. Ini diartikan sebagai “teman yang hidup”. Jika suami menghadapi banyak masalah, maka kata2 motivasi dari istri bisa menjadi pendorong dan penghibur bagi hatinya. Di samping memberi dorongan dan motivasi kepada suami, istri juga sumber ilham bagi suaminya. Hal ini membuat suami tenteram karena bila bersama istri maka masalah menjadi ringan karena dihadapi bersama.

6. Berakhlak mulia

Akhlak mulia seorang istri amat penting bagi suami, untuk memperoleh ketenteraman hati dalam melaksanakan perintah Allah. Jika seorang istri memiliki sifat malas, mudah marah, tidak suka berterima kasih dan pelbagai sifat buruk lainnya, keadaan ini akan menimbulkan banyak masalah pada suami.

Kebahagiaan rumah tangga amat bergantung pada nilai2 agama yang dijalankan oleh pasangan suami istri. Pasangan yang sadar akan kewajibannya masing2 sebagaimana dikehendaki oleh agama, akan mampu membina rumah tangga yang sakinah. ( Anggun, Agt 2005 )

hit counters
hit counter

Written by Nanin Topi

17/07/2009 pada 10:08

Ditulis dalam resep cinta

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: