Cinta Keluarga

piece of mind, harmony couple, happy family

Trik bertemu calon mertua

with 2 comments

Mertua dan menantu. Keakraban pun ada batasnya.

Mertua dan menantu. Keakraban pun ada batasnya.

Sedang mempertimbangkan memasuki pernikahan ? Jika ya, jalur resmi perrtama yang harus ditempuh adalah bertemu calon mertua ( camer ). Berhasil menundukkan hati mertua, yakinlah selanjutnya adalah jalan tol yang mulus membentang. Masalahnya, memenangkan hati camer gampang2 susah. Gampang kalau tahu selah atau triknya.

Sebelum bertemu langsung dengan camer, perlu diingat sebuah rumus psikologi yang sudah menjadi rahasia umum, bahwa penting sekali menanamkan kesan baik pada pandangan pertama. Hal ini akan berpengaruh pada tindakan orang tsb pada kita dan sebaliknya.

Kendati ingin menampilkan kesan menyenangkan, psikolog di beberapa klinik psikologi di Bandung, Dewi Kumaladewi, menganjurkan untuk tidak memaksakan penampilan alias tampil dibuat-buat. Sikap yang harus ditampilkan adalah sikap respek yang natural karena camer lebih tua dan lebih banyak pengalaman hidupnya.”Jangan menunjukkan hormat berlebih dan jangan pula bersikap sok akrab ( SA ) karena camer akan cepat merasakan tingkah laku yang dibuat-buat.”

Penampilan fisik harus benar2 dicermati. Tampil dengan pakaian sopan. Hindari pakaian yang menonjolkan bagian2 tubuh anda secara detail. Meskipun anda menyukainya karena terlihat seksi dan mengagumkan, belum tentu calon mertua menoleransinya. Gunakan pakaian yang sudah pernah dikenakan atau sudah pernah dicoba.”Hindari pakaian yang baru dibeli langsung dipakai. Dikhawatirkan anda belum mengenal seluk beluknya atau pas tidaknya di tubuh anda. Ingin kelihatan bagus, pakaian baru malah bisa membuat anda menjadi kaku dan mati gaya.”

Sebagai tanda perhatian, boleh2 saja membawa buah tangan, sepanjang hal ini sudah dikonfirmasikan dengan pacar. Jangan sampai oleh2 yang dibawa justru adalah barang atau sesuatu yang tidak disukai camer.

Dalam berkomunikasi, lakukan pembicaraan ringan, hindari hal yang bersifat privasi.”Tanyakan kegiatan yang menjadi hobi camer di waktu senggang. Amati sekeliling rumahnya dan tanyakan hal yang menarik hati anda. Jika anda mengagumi sesuatu pada diri calon mertua atau hal lain yang berkaitan dengannya, anda boleh mengatakannya. Ungkapkan kekaguman anda pada sesuatu yang memang pantas dikagumi tetapi jangan berlebihan.

Kendati mungkin pacar anda sudah sering memberi informasi lengkap tentang anda kepada orang tuanya, pada kesempatan pertama bertemu, tetaplah perkenalan diri anda secara langsung. Ada pantangan yang bisa membuat anda “tekor” di hadapan calon mertua, yakni melakukan “presentasi” dalam arti bersikap menggurui, mengkritik tentang kesehatan mereka, perilaku atau ilmu.”Walaupun mungkin anda seorang dokter, psikolog atau ilmuwan, jangan menggurui mereka dengan ilmu anda. Kalaupun mereka bertanya, jawablah dan menyelipkan bahwa ini hanya sepengetahuan anda. Dengan kata lain bersikaplah rendah hati.”

Sejauh mana kita bisa berakrab-akrab dengan camer ? Walaupun anda berdua sudah berpacaran lama, berkenalan langsung dengan mereka baru kali ini.”Ingat kesan pertama sangat menentukan seterusnya. Jadi silakan berakrab-akrab, tetapi terbatas. Jangan mengeluarkan semua kepustakaan anda tentang keluarga camer walaupun di benak anda sudah sangat penuh.”

Kemesraan anda dengan pacar yang selama ini anda tunjukkan pada teman2 anda, sebaiknya dibatasi di depan camer. Menunjukkan kemesraan pada camer bisa menuai badai, apalagi camer perempuan. Ini bisa diartikan menantang, bahwa sekarang aku memenangkan kasih sayang anakmu. Kalau keadaan menyudutkan, tunjukkan kemesraan dengan tatapan mata saja pada si dia.

Jika pada perkenalan pertama anda mendapat kritik dari mereka, jangan disikapi sebagai penolakan camer. Ucapkan terima kasih atas sarannya dan anda akan mencoba memperbaiki dengan bimbingan mereka tentunya. Hal ini akan semakin mendekatkan anda dengan calon mertua. Nah, jangan takut bertemu sang calon mertua. ( PR, 9/8/2009 )


hit counters
hit counter

Written by Nanin Topi

19/08/2009 pada 09:07

Ditulis dalam resep cinta

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ok maksi yaa…… bermanfaat bngt🙂

    mahardhika

    03/12/2009 at 03:14

  2. @ mahardhika :
    Selamat bersilaturahmi sama camer. Semoga sukses acaranya ..

    nanbija

    11/12/2009 at 07:26


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: