Cinta Keluarga

piece of mind, harmony couple, happy family

Peuyeum Cimenyan, empuk dan digemari.

leave a comment »

Peuyeum Bandung, asalnya sebagian dari Cimenyan, kabupaten Bandung. Menggoda untuk dijadikan oleh2 untuk keluarga dan sahabat.


Meski banyak pilihan camilan, peuyeum Bandung masih menjadi salah satu oleh2 yang paling dicari wisatawan. Aroma dan rasa yang khas dari makanan berbahan dasar singkong ini digemari warga dalam dan luar kota. Tak hanya dimakan secara langsung, modifikasi peuyeum ( tape ) pun banyak ditawarkan dan digemari. Salah satunya, peuyeum Cimenyan. Wilayah yang berada di kawasan Bandung utara itu menjadi salah satu sentra pembuatan peuyeum yang tersebar di sejumlah tempat wisata Kota Bandung. Salah satu tempat pembuatan peuyeum yang cukup besar, berada di Kampung Kasimukan, Desa Mandala, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Sedikitnya 2 ton singkong diproses untuk dibuat menjadi peuyeum. Proses pembuatan peuyeum cukup sederhana. Singkong dibersihkan dari kulitnya dan direbus 2 kali dengan menggunakan kayu bakar selama sejam setengah dan rebusan kedua selama sejam. Dengan 2 kali rebusan, singkong akan lebih empuk dan bagian getahnya hilang. Setelah itu, singkong ditiriskan dan siap dibalur ragi. Proses peragian memakan waktu selama 3 hari. Pada hari ketiga, peuyeum siap untuk ‘mampir’ ke rumah kita. ( Dudi Sugandi/ PR, 9/5/2010 ).

Written by Nanin Topi

10/05/2010 pada 17:02

Ditulis dalam wisata kuliner

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: