Cinta Keluarga

piece of mind, harmony couple, happy family

beranda

with one comment

Sejak balita sudah diperkenalkan dengan ilmu kehidupan. Mulai dari hal sederhana, mengenali warna, bentuk dan huruf.

Sejak balita sudah diperkenalkan dengan ilmu kehidupan. Mulai dari hal sederhana, mengenali warna, bentuk dan huruf.

Ketika menjadi orang tua, kita mesti bisa demokratis dan otoritarian/tegas. Saat anak bersikap jujur, santun dan sungguh2 belajar, kita bersikap demokratis pada mereka. Saat anak bersikap tidak jujur, tidak sopan dan malas, saatnya kita bersikap tegas untuk menerapkan aturan di rumah. Paksa mereka menerima dan menerapkan nilai2 kebaikan dan moral ( karena mereka belum tahu mana yang benar dan mana yang salah ), setelah sebelumnya kita menjadi teladan baik untuk mereka. Lebih baik anak2 kita menangis sekarang ketika menerima ketegasan dari kita, daripada kita kelak menangis seumur hidup karena kegagalan kita mengasuh mereka.

Dan jangan lupa, beri anak2 apresiasi yang baik setiap mereka melakukan hal yang benar. ( jika anda bertemu orang yang tidak jujur, tidak santun dan pemalas, anda harus berhati-hati, sangat mungkin anda sedang berhadapan dengan psikopat atau penyiksa. Sekali ia berhasil memperalat anda, ia takkan sudi melepaskan/ membiarkan anda hidup tenang. Jadi, segera menjauhlah_nan bija ) ( Mario Teguh, 25/4/2009 ).

SENYUM LEBAR, PERKAWINAN LANGGENG.

Ingin tahu perkawinan anda akan langgeng ? Lihatlah pasangan anda dalam buku foto tahunan. Para ahli psikologi menemukan, banyaknya senyuman yang terlihat dalam foto2 lama dapat memprediksi keberhasilan perkawinan. Dalam tes, peneliti memberi skor 1 – 10 untuk intensitas senyuman yang diukur dari kualitasnya ; seperti bibir yang terangkat atau timbul kerutan2 sekitar mata. Hasilnya, mereka yang punya intensitas senyuman di atas 10 %, perkawinannya langgeng. Sebaliknya, yang kurang dari 10 % berakhir dengan perceraian. Dalam tes kedua, tim peneliti menanyai orang2 di atas 65 tahun. Hasilnya, 89 % mereka yang difoto punya senyum lebar, perkawinannya awet. ( LiveScience, PR 16/4/09 )

CEMBURU SEHAT & BUTA, SERTA SOLUSINYA

Komunikasi intim antar pasutri penting.

Komunikasi intim antar pasutri penting.

Rasa cemburu dalam perkawinan seperti garam dalam sayur. Diperlukan tapi tak boleh terlalu banyak. Rasa cemburu itu perlu, dan dalam kadar tertentu menjadi wajib. Rasa cemburu yang berlebihan membuat kehidupan rumah tangga menjadi asin dan membosankan.

Selama rasa cemburu bisa dikelola dengan baik, hubungan pasutri menjadi hangat dan akrab. Jika proporsional dan sehat, rasa cemburu membuat cinta di antara pasutri ( pasangan suami isteri ) semakin dalam dan berkobar. Setiap pasangan merasa dicintai dan dihargai. Kualitas hubungan suami isteri pun meningkat.

Orang yang tidak memiliki rasa cemburu sama sekali terhadap pasangan berarti tidak punya harga diri, sampai ia rela melihat pasangannya bergaul rapat dengan orang lain yang bukan muhrimnya. Timbulnya perselingkuhan dengan orang dekat ( secara kekeluargaan atau persahabatan ) salah satunya disebabkan ketiadaan rasa cemburu akan kerapatan pasangan terhadap orang dekat tsb.

Rasulullah Saw. bersabda,”Tiga golongan yang tak bakal masuk surga : orang yang durhaka pada bapak ibunya, duyuts ( orang yang tak punya rasa cemburu dengan orang terdekatnya/ pasangan hidupnya ) dan perempuan yang menyerupai lelaki.” Fenomena duyuts seolah menjadi identitas masyarakat modern. Sekarang ini seseorang bisa dikatakan norak, kampungan, jika cemburu melihat pasangan saling menempel pipi dengan lawan jenis di tempat umum ( pesta kawinan dll ). Terlebih kehidupan para artis yang biasa cipika cipiki ( cium pipi kanan dan kiri ). Padahal dalam Islam, bersalaman antar lawan jenis yang bukan muhrim saja, tidak dibenarkan. Jadi, orang yang nyaman menerima budaya cipika cipiki, yang norak sesungguhnya. Latah, meniru budaya luar yang belum tentu sesuai dengan tradisi sendiri.

Kencan romantis tetap dilakukan dengan pasangan hidup kita.

Kencan romantis tetap dilakukan dengan pasangan hidup kita untuk menjaga api cinta.

Sebagai muslim kita bisa menerima kecemburuan pasangan pada perbuatan kita yang melanggar syariat seperti bersalaman, cipika-cipiki, atau berduaan dengan lawan jenis bukan muhrim, kedekatan melampaui hubungan pertemanan dsb. Namun cemburu berlebihan seperti isteri tidak boleh kumpul2 dengan teman2 di luar jam kantor, meski untuk urusan kantor, sampai isteri tidak punya teman di kantornya, tentu tidak sehat.

Jika cemburu bersumber dari pikiran negatif semata, tanpa melihat, mendengar atau mendapati perilaku pasangan yang patut dicurigai maka itu cemburu buta. Hasil bisikan setan yang berusaha menyebarkan rasa benci dan ketidakpercayaan kita pada pasangan. Jika cemburu buta kita turuti maka rumah tangga akan hancur dan setan bersorak penuh kemenangan.

Jika suami bersikap baik pada perempuan, secara wajar tak berlebihan, tak hanya pada satu dua yang menurut kita cantik, tapi juga pada pria, wanita tua, berwajah biasa, kita tak boleh membiarkan rasa cemburu menguasai kita. Karakter seseorang bisa kita lihat dari cara ia bereaksi terhadap pasangan, termasuk ketika ia cemburu. Rasa cemburu yang pas menunjukkan kita mencintainya dan butuh balasan cinta yang utuh darinya, tanpa terbagi. Jika rasa cemburu datang, sebaiknya kita menganalisa apa penyebabnya. Jika proporsional, kita minta penjelasan pada pasangan dengan cara baik2. Jika tak berdasar, terlalu mengada-ada, redamlah rasa cemburu itu seraya introspeksi diri, lalu tunjukkan sikap dan penampilan yang lebih baik pada pasangan. Menarik hatinya lagi, agar pasangan tidak berpaling, pindah ke lain hati. ( Ridwan Malik, Hdyh, Feb’ 2009 )

MEMILIH CALON ISTRI PANDAI MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA

Jaman sulit sekarang, harus pintar2 mengatur keuangan keluarga.

Jaman sulit sekarang, harus pintar2 mengatur keuangan keluarga.

Cara tahu calon istri pandai mengelola keuangan keluarga, dari perhatiannya. Misalnya, waktu kita membukakan pintu mobil untuknya, apakah dia juga perhatian membukakan kunci pintu driver sebelum kita mengetuk atau membuka sendiri ? Kita tak ingin dapat istri yang hanya bisa melahirkan anak lalu jalan2 ke mall. Tiap hari jalan2 ke mall. Wanita macam itu bisa membuat kita menderita. ( Mario Teguh, 12/4/2009 )

PRIA BERBAU MADU DISUKAI WANITA CANTIK

Bau madu yang disukai wanita cantik.

Bau madu yang disukai wanita cantik.

Mengapa seorang laki2 gemuk, berwajah biasa, begitu beruntung mendapatkan para wanita cantik ? Pacar HG.Wells menjawab pertanyaan Somerset Maugham, penulis Inggris, simpel,”Badannya memancarkan aroma madu.”

Feromon, zat tertentu yang diproduksi tubuh bisa membius otak seperti efek narkoba, membuat seseorang kecanduan sehingga ingin melihat pasangannya sesering mungkin. Substansi kimia ini digunakan makhluk hidup untuk mengenali sesama jenis, individu lain, kelompok dan membantu proses reproduksi. Senyawa feromon pada manusia dihasilkan kelenjar endokrin pada ketiak, telinga, hidung, mulut, kulit dan kemaluan, yang diaktifkan setelah manusia akil balig. Senyawa yang dikeluarkan saat tubuh berkeringat ( tertahan dalam pakaian yang dikenakan ) bersifat tidak kasat mata, mudah menguap, tak dapat diukur, namun ada dan dirasakan oleh vomeronasalorgan ( VMO ) di dalam indera pencium dan dijangkau otak hipotalamus, yang selanjutnya menghasilkan respon perilaku dan fisiologis. Dalam hitungan detik terjadi perubahan detak jantung, pernafasan, temperatur tubuh, peningkatan kerja hormon testoteron/ estrogen atau kelenjar keringat.

Kemampuan tubuh menghasilkan feromon berkurang setelah 2- 4 tahun. Dalam dunia hewan, feromon bertindak sebagai alat pengenal jenis, pemikat seksual antara betina dan jantan. Dalam riset, 12 pasangan sehabis mencium senyawa sintetik mirip feromon langsung bereaksi terhadap hormon estrogen pada wanita dan testoteron pada pria. Feromon pada manusia jenis ‘pelepas’ yang berefek lebih lambat dan bekerja setelah terjadi kontak yang lama. Feromon pria berbau alami terserap kulit lawan jenisnya selama kontak seksual intim. Feromon wanita dapat menyebar ke seberang ruangan, sedangkan feromon lelaki membutuhkan kontak langsung dan intim agar dapat berpengaruh. ( Dadang Gusyana/ PR, 19/3/2009 ).

hit counters
hit counter

Written by Nanin Topi

11/03/2009 pada 10:53

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. goood

    botski

    25/07/2009 at 08:21


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: